Wednesday, December 26, 2012

LAZY ROOM – Native Narrative





Band: LAZY ROOM
Title: Native Narrative
Format: CD
Year: 2012
Label: Patetico Records / Airplane Records
Review: Anang Sigit
Rate: 8,5/10


Kota Klaten sebelum tahun ini berakhir masih menyisakan musim kemarau. Suhu udara dingin saat pagi hari dan menjelang malam. Saya terlalu lama bermalas-malasan dengan ‘Native Narrative’ dari shoegazer asal Yogyakarta ini, mengapa tidak? Hampir setiap hari debut album penuh Lazy Room Saya putar. Menggalau? Tentu tidak, semua berawal di awal tahun ini atas perkenalan Saya dengan band-band postrock diluar Sigur Ros dan L’alphalpa (yang lebih dulu Saya kenal melalui album kompilasi indie bergengsi skala nasional) seperti Explosion In The Sky dan Hammock. Lantas rasa penasaran yang tumbuh sedemikian besarnya membawa Saya pada kemauan untuk berjelajah di Wikipedia yang mengantar Saya mengenal berbagai jenis genre musik galau dan gelap dan akhirnya Saya menemukan stylistic origins-nya tipikal alternative rock ini sendiri (baca: nu gaze). Mungkin Saya sangat terlambat mendapati ini semua, namun tidak pernah ada kata terlambat untuk terus menggali influence dan referensi musik yang disenangi.


Setidaknya hampir tiga bulan ini Saya telah mengenal Lazy Room dari berbagai media. Mereka mulai dengan ‘Demo Pack’ tahun 2009, dan menjadi bagian dari Kompilasi Locstok ‘Sound of Jogja’ di tahun yang sama dan pada akhirnya menyebar single ‘Take Me Home’ pada tahun ini yang membawa Kita pada ‘Native Narrative’ yang dirilis oleh Patetico Records, label asal Philadelphia yang benar-benar/khusus merilis band-band lo-fi rock.


Dari pengantar diatas yang Saya tuliskan dan band-band pengusung genre alternative yang Saya dengarkan, sulit rasanya untuk menyaring Lazy Room pada sisi band A atau band B (pengusung genre). Karena Saya rasa ‘Native Narrative’ adalah salah satu contoh sebuah karya kreatif orisinil pelaku musik lokal yang mampu menyamai bahkan melebihi bagusnya dari band yang mereka anggap sebagai influence.


Ditandai sebagai sebuah deskripsi setiap step kehidupan para personil Lazy Room sendiri. Penulisan lirik dengan gambaran suasana hati yang sangat nyata dalam kebingungan, kegembiraan, kasih sayang hingga putus asa tercipta dan tercampur-aduk menjadi satu. Dengan sound tipikal gitar efek yang memenuhi setiap bagian dengan distorsi yang agresif dan olah vokal yang jauh menggema terselimuti instrumen musik. Overall, ‘Native Narrative’ adalah sebuah album yang sangat catchy untuk menemani Anda saat menggalau dan sangat direkomendasikan untuk sebuah riilisan sebelum tahun 2012 ini berakhir. Saya yakin kalian tidak akan malas mencoba membuka kuping lebar-lebar untuk mendengarnya.

--------------------------------------------------------------------------------------------------------------

* Album LAZY ROOM - Native Narrative
bisa didapatkan di Klaten di @paranoid_shop
Jl Dr Soetomo No 06 Kr Anom-Mudal, Klaten Utara
atau mailorder ke 6287834988269

No comments:

Post a Comment