Wednesday, December 26, 2012

THE UPSTAIRS – Katalika





Band: THE UPSTAIRS
Title: Katalika
Format: CD (digipack)
Tahun: 2012
Label: Organic Records / Magnet Music
Review: Anang Sigit
Rate: 7,5/10


‘Sekejap buyar peta otakku, menancap tegas citra terbaru’, sepenggal lirik “Sekelebat Menghilang” pada track pertama yang menurut Saya sangat mewakili apa yang ada dalam album baru dari segerombolan new wave asal Jakarta ini. Musik danceable senang-senang yang penuh warna, dengan balutan lirik yang di dominasi kalimat-kalimat konotasi dan jenaka didalamnya, dan hiasan permainan loops dan synthesizer yang lebih cerdas. Apalagi digipack album ini yang seakan mengingatkan Saya pada zine journal perjalanan yang dipenuhi berbagai foto di berbagai space, tata letaknya pun dibuat sedemikan ciamik pastinya akan sangat mengundang perhatian para kolektor rilisan fisik untuk mendapatinya (meskipun hanya berformat digipack). Lagi-lagi, booklet lyric-sheet full color dengan layout live-shoot atau foto blur setiap personil akan memanjakan mata ketika menikmati setiap track album ini dengan ber-sing-a-long ria.


Mungkin kalian yang sedang kangen-kangennya dengan A Flock of Seagulls dan Dephece Mode selamat bersenang-senang kembali dengan lahirnya ‘Katalika’ di tahun yang diramalkan akan kiamat diakhir tahun nanti.


Mengagetkan namun ini adalah instrumen pelengkap yang pas, eksperimen The Upstairs dengan membubuhkan pukulan perkusi pada “Sekelebat Menghilang” dan “Selamat Datang Di Tubuh Kami”. Apalagi kehadiran genjrengan gitar akustik di “Berbangga Sejenak” terasa kelam tapi tetap tidak mampu melelehkan The Upstairs ke titik melo. Sayangnya Saya sedikit mencium dosis synthesizer dari ‘Love Today’-nya Mika pada track tujuh yang kurang fresh. Lirik “Selamat Datang Di Tubuh Kami” sangat menarik perhatian Saya, seperti menyebutkan seluruh zat-zat berbahaya dalm tubuh manusia. Ada penambahan arransemen permainan loops di “Percakapan”, yang lebih dulu Saya kenal di album ‘Magnet! Magnet!’ dan kompilasi ‘Radio Killed The Tv Stars 2012’. Di album ini kita juga akan dimanja dengan bonus encore hits lawas “Mantraman” versi electro-dance (tidak dituliskan dalam daftar lagu) yang akan membawa kita pada The Upstairs era awal haha cool! Perjalanan sebelas tahun eksistensi The Upstairs di dunia musik tidaklah pendek dan tanpa mengesampikan ‘Mantraman’, ‘Energy’ dan ‘Magnet! Magnet!’, sebuah ‘Katalika’ adalah pembuktian bahwa mereka akan terus berkarya!

--------------------------------------------------------------------------------------------------------------

* Album THE UPSTAIRS – Katalika
bisa didapatkan di Klaten di @paranoid_shop
Jl Dr Soetomo No 06 Kr Anom-Mudal, Klaten Utara
atau mailorder ke 6287834988269

No comments:

Post a Comment