Monday, October 29, 2012

Program Sahabat Lokananta. "Mari Kita Mencintai Musik Indonesia Dari Titik Nol!"




HARI     : MINGGU, 28 OKTOBER 2012
JAM      : 17:00 - SELESAI
TEMPAT : LOKANANTA, JL. AHMAD YANI 387, SOLO

Lokananta sebagai perusahaan rekaman pertama milik pemerintah RI sangat penting artinya bagi musisi Indonesia. Dapat dikatakan Lokananta adalah ground zero musik Indonesia. Musisi - musisi legendaris tercatat pernah merekam karya - karya masterpiece mereka di sana, sebut saja Gesang, Titik Puspa, Waldjinah dan masih banyak lagi. Namun seiring waktu, tak ada lagi cerita - cerita tentang kejayaan Lokananta. Sebagai sebuah tempat bersejarah bagi musik Indonesia, keadaan Lokananta saat ini sangat menyedihkan, 30 persen koleksi berharga yang tersimpan disana tidak terawat dan rusak. Beberapa koleksi dijual secara terpaksa kepada kolektor untuk biaya operasional. Indonesia akan kehilangan rantai informasi mengenai sejarah musik dan budaya Indonesia jika Lokananta tidak segera diselamatkan.
Sekilas Tentang Lokananta
Lokananta adalah sebuah perusahaan rekaman musik   milik pemerintah pertama yang terletak di Jl. Ahmad Yani Solo . Nama Lokananta menurut bahasa Sansekerta adalah nama suatu gamelan dewa di kahyangan yang berbunyi sendiri. Dari nama itu kemudian diadopsi untuk perusahaan rekaman pertama milik pemerintah RI sejak tanggal 29 Oktober 1956. Sejak tahun 2000 Lokananta dinyatakan pailit dan tahun 2004 bergabung dengan  Perum Percetakan Negara.




Tentang Program Sahabat Lokananta
Program ini dimulai dengan semangat kesetiakawanan dari para pecinta musik Indonesia seluruh Nusantara, terutama yang menaruh perhatian akan keberadaan Lokananta. Siapa lagi yang akan peduli kondisi dari arsip dan dokumentasi musik Indonesia kalau bukan sahabat yang mencintai musik.
Untuk itu para Sahabat Lokananta di Solo dan Jakarta berinisiatif untuk menggelar program Sahabat Lokananta pada hari Minggu, 28 Oktober 2012 di Lokananta, Jl. Ahmad Yani 387, Solo untuk menyebarkan awareness tentang Lokananta dan upaya yang dapat ditempuh bersama.
Acara ini akan diawali dengan mendengarkan musik dari piringan hitam koleksi Lokananta, dilanjutkan diskusi musik yang menghadirkan Wendi Putranto dari Rolling Stone Indonesia dan tokoh Lokananta. Selepas diskusi, akan ada penampilan istimewa dari White Shoes and The Couples Company dan musisi - musisi keroncong senior yang pernah merasakan rekaman di Lokananta dan akan mengiringi penyanyi keroncong kota Solo, Endah Laras.








Tanggal 28

Lokananta Studio:

  1. Diskusi musik bersama pihak Lokananta, musisi Solo, Wendi Putranto dan David Tarigan tentang rencana untuk Lokananta
  2. Pemutaran video teaser dokumenter #sahabatlokananta
  3. Pemutaran vinyl Lokananta
  4. Live perform White Shoes and the Couples Company
  5. Live Perform Endah Laras dan musisi legendaris keroncong asli Solo
Tanggal 29

Borneo, Jakarta:

- pemutaran video teaser dokumenter #sahabatlokananta
- pemutaran vinyl Lokananta
- Live perform: Endah n Rhesa, TOR, Gugun Blues Shelter, The Upstair, Karon n Roll
- Penggalangan Dana

Tanggal 29: Pemutaran video dokumenter di 12 kota Indonesia
Magelang, Klaten, purwokerto, Bandung, Medan, Semarang, Jogjakarta, Ambon, Cirebon, Tasikmalaya, Pontianak, Makasar.

Tanggal 29: Wawancara langsung tentang lokananta di FBI FM Bali
Link video teaser film dokumenter #Sahabatlokananta: Sahabat Lokananta

Diharapkan, program ini nantinya dapat membuat anak - anak muda semakin mengenal dan peduli pada Lokananta serta bisa menjadi komunitas guyub yang melakukan berbagai aktivitas positif secara rutin.
Untuk keterangan lebih lanjut dapat menghubungi :
Adia Prabowo
08974605001
adia311@gmail.com
Mari Kita Mencintai Musik Indonesia Dari Titik Nol!
 
Video teaser film dokumenter #Sahabatlokananta: http://vimeo.com/52278783
 
GLENN FREDLY & THE BAKUUCAKAR - LIVE FROM LOKANANTA (TEASER)

 



No comments:

Post a Comment