Wednesday, October 10, 2012

SHARING IS CARING, "Keindahan Serta Kata-kata Sakti yang Selalu Mengiringi Aktifitas Manusia-manusia yang tak Menyadarinya"



JOGJAKARTA ZINE ATTACK 2012 at Lir Shop : SHARING IS CARING !!!

‘Sharing is Caring’, satu kalimat gabungan dari tiga kata yang apabila disatukan keberadaan dari tiga kata tersebut akan menjadi satu susunan kalimat pendek namun memiliki makna yang amat mendalam dan penuh arti. Keberadaan dari susunan kalimat tersebut, dapat kita selalu sertakan dalam aktifitas apapun, maksudnya adalah kegiatan dengan kategori apapun. Mau bersekolah, nongkrong, diskusi, bahkan dalam event musik kecil-kecilan sekalipun. Dimana ketika kita berada dan ikut serta dalam kegiatan-kegiatan tersebut, perwujudan dari kata Share dan Care akan selalu terlontarkan, terlaksanakan, dan teramini walaupun kita tak menyadarinya. Share dan Care telah menjadi sebuah pagar dalam tiap aktifitas yang kita jalani, sebagai kata kerja keberadaan dari Share dan Care sendiri telah merasuki pundi-pundi substansial dan rotasi dari aktifitas-aktifitas yang kita lakukan, mau individu ataupun berkelompok. Belum ada rangkaian penjelasan yang mungkin bisa lebih meyakinkan anda sekalian tentang bagaimana saktinya kata-kata tersebut ketika kita menyadari keberadaan kata-kata tersebut dan berusaha benar-benar mendalami serta meresapkanya kedalam pori-pori kehidupan kita secara riil dan konkrit. Ya mungkin yang bisa menjadi contoh adalah kegiatan tahunan yang diacarakan di Lir Shop hari Minggu (7/9/12) lalu, yaitu Jogjakarta Zine Attack 2012.
Sedikit lain dengan Jogjakarta Zine Attack 2011 lalu, ketika workshop diadakan dibagian dalam Lir Shop dengan berlesehan dan peserta yang memang cenderung sedikit. Kali ini acara diadakan di luar, yaitu dibagian halam luar samping Lir Shop yang biasanya digunakan para pelanggan untuk bersantai sambil menikmati hidangan yang mereka pesan. Meja-meja putih ditata menjadi satu barisan meja yang cukup panjang, perangkat ‘Cut & Rescue’ seperti gunting, cutter, spidol, lem dan kertas HVS yang akan digunakan sebagai perlengkapan workshop zine sudah dipersiapkan, dan sekitar pukul 4 sore peserta sudah memadati lokasi, maka acara pun dimulai. Acara dimulai oleh Indra ‘Menus’ (sebut saja Papa Zine),dengan agenda acara pertama yaitu perkenalan serta berbagi kisah seputar dunia zine dari masing-masing peserta. Tidak semua peserta yang hadir adalah awalnya seorang zine maker, sehingga sebagai awalan dari event workshop ini Papa Zine menjelaskan sedikit sejarah, bentuk, isi dan perkembangan zine-zine dari awal hingga masa kini. Acara kedua diisi dengan games, yaitu games membuat cover. Peserta dibagi menjadi beberapa kelompok, lalu masing-masing kelompok ditugaskan untuk membuat cover depan serta bagian belakang dari cover depan dalam waktu 20 menit, dan nanti dari sekian banyak cover yang dibuat akan dipilih salah satu untuk menjadi cover zine anthology yang merupakan output dari acara Jogjakarta Zine Attack. Perbedaanya dengan tahun lalu adalah tidak ada games pemilihan cover, masing-masing peserta hanya ditugaskan untuk membuat konten zine, yang kemudian dibrendel menjadi sebuah zine anthology yang lalu diberi nama Anthology Zine Lir.


Indra 'Menus' a.k.a PAPA ZINE Saat Membuka Yogyakarta Zine Attack 2012 dan Menjelaskan Sepenggal Sejarah Zine


Dilanjut dengan acara ketiga pembuatan konten zine, yaitu masing-masing peserta diperbolehkan membuat satu konten zine yang nantinya akan dimasukan dalam zine anthology tersebut dalam 60 menit. Ramai, riuh, dan gemerlap canda tawa yang diselimuti dengan prinsip ‘Sharing is Caring’ terpancar dari wajah peserta yang berkumpul sore itu. Oh ya dan tidak lupa juga pada acara Jogjakarta Zine Attack kemarin, kami kedatangan tamu dari OFF Zine yang jauh-jauh datang dari Temanggung untuk melakukan aktifitas Share dan Care bersama-sama dengan kami. Tidak lupa juga peserta-peserta juga saling bertukar informasi serta saling memberikan atau men’trade’kan zine-zine buatan mereka dengan satu sama lainya. Pemandangan tersebut semakin membuat pancaran prinsip Berbagi dan Memberi perhatian semakin indah dan mengkilap. Tidak terasa 60 menit waktu yang diberikan oleh Papa Zine sudah berlalu diiringi dengan kehangatan suasana yang diciptakan oleh para peserta. Konten-konten zine yang sudah selesai dibuat dikumpulkan kepada Papa Zine untuk disatukan dan disusun menjadi sebuah zine anthology yang akan dipamerkan pada tanggal 14 Oktober 2012 di galeri mini milik Lir Shop. Dan juga tidak lupa manusia-manusia yang hadir saat itu men’submit’ zine-zine mereka yang ingin diikut sertakan pada pameran zine besok Minggu itu. Dengan terkumpulnya semua konten zine dan zine-zine yang akan diikut sertakan pada pameran zine, maka berakhirlah acara ‘Workshop Zine Making : Jogjakarta Zine Attack’ hari itu. Dan zine anthology yang dibuat bersama-sama oleh peserta acara, akan menjadi saksi bisu. Saksi bisu yang berupa luapan dan tumpah ruah perasaan para peserta acara tentang apa yang mereka pikirkan mengenai zine, subkultur, pertemanan, keindahan serta kata-kata sakti yang selalu mengiringi aktifitas manusia-manusia yang tak menyadarinya, Sharing is Caring.


Indra 'Menus', Penggagas Yogyakarta Zine Attack (ka) dan Hilman Fathoni, Utek Jancux Zine/Alpha Beta Journal (ki)



Flyer YOGYAKARTA ZINE ATTACK 2012, "Sharing is Charing"


Oleh Hilman Fathoni dari UTEK JANCUX Zine / ALPHA BETA Journal
Photo: Dokumentasi LIR SHOP

No comments:

Post a Comment